Thursday, November 22, 2012

Ada Kalkun Panggang Khusus untuk Vegetarian di Amerika


Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood Jakarta - Saat perayaan Thanksgiving, kalkun menjadi hidangan primadonanya. Meskipun para vegan tidak makan daging, bukan berarti tidak bisa menikmatinya. Tesktur kalkun dengan serat lembut dan empuk bisa juga bisa mereka rasakan.

Karena identik dengan sajian kalkun yang lezat. National Turkey Federationpun membuat estimasi hasil penjualan kalkun selama perayaan Thanksgiving dan hari Natal. Kalkun lebih banyak terjual saat perayaan Thanksgiving sebanyak 46 juta ekor di seluruh Amerika. Sedangkan saat Natal hanya terjual sekitar 22 juta ekor.

Namun para vegetarian juga tetap bisa mencicipi kelezatan kalkun. Banyak dibuat kalkun tiruan dari sumber protein nabati seperti kacang kedelai. Tidak butuh waktu lama untuk mengolahnya. Hal ini juga diakui oleh Vandana Sheth, RD, CDE, seorang ahli diet sekaligus juru bicara dari Academy of Nutrition and Dietetics yang juga pelaku vegetarian.

Kalkun tiruan bisa dibuat dari bahan dasar kedelai. Kemudian ditambahkan gluten yang banyak terdapat di tepung. Jika merasa repot untuk membuatnya, bisa membeli produk faux-turkey yang lebih sedikit penggunaan bahan tambahannya. ujar Sheth.

Sheth juga berpesan, meskipun begitu bukan berarti mengabaikan label komposisinya. Kadar lemak, natrium dan aromanya harus selalu diperhatikan. Seperti pada produk yang ia sarankan, diketahui mengandung sedikit natrium dan tinggi protein.

Jika para vegan datang ke pesta perayaan Thanksgiving, bisa memilih makanan tanpa daging. Misalnya saja, stuffed portobello mushrooms, stuffed acorn squash, meatless loaf made with lentils and beans. tambah Sheth.

(dyh/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

0 comments:

Post a Comment