Monday, November 26, 2012

Inilah Es Kacang Merah Palembang Paling Legit Segar!


Fitria Rahmadianti - detikFood Jakarta - Kacang merah tak hanya enak diolah jadi sup. Dijadikan dessert juga tak kalah lezat. Apalagi kalau dicampur es serut dan sirup merah. Hmm... Usai mengunyah kacang merahnya yang lembut, mulut menyeruput kuahnya yang dingin manis!

Di Indonesia, es kacang merah banyak dikenal di Manado dan Palembang. Namun, ada sedikit perbedaan. Di Manado, kacang merah disajikan dengan susu kental manis cokelat, sementara di Palembang untuk pemanisnya diberi sirup merah atau cocopandan.

Kacang merah yang dibuat es biasanya berasal dari kacang merah segar, kacang merah kering, atau kacang merah kalengan. Karenanya nuansa warna dan teksturnya juga beragam. Kacang merah segar warnanya lebih pucat sedangkan kacang merah kering dan kalengan warna merahnya lebih cerah.

Es kacang merah Palembang biasanya dijual di tempat makan yang menyajikan pempek dan hidangan Palembang lainnya. Detikfood mencicipi es kacang merah di penjual pempek terkemuka seperti Milan, Pak Raden, Garuda Putra, dan 161.

Letak provinsi Sumatera Selatan dan Bangka-Belitung berdekatan. Makanya, Milan yang menyajikan hidangan khas Bangka juga menjual pempek dan es kacang merah (Rp 17.000). Di sini, es serutnya menggunung tinggi. Di atasnya sirup merah dan susu kental manis putih disiramkan. Kacang merahnya 'ngumpet' di dasar mangkuk.

Porsinya besar, kuahnyapun kental karena esnya banyak dan diserut halus. Wah, kacang merahnya royal! Rasanya tak habis-habis kacang merah yang empuk ini dikunyah. Warna kacang merahnya marun gelap. Saat diseruput, kuahnya terasa pas manisnya.

Di Pak Raden, es kacang merahnya (Rp 11.000) justru bergaya Manado. Es serutnya yang munjung disirami susu kental manis cokelat dan putih. Porsinya tak begitu besar, kacang merahnyapun tak sebanyak punya Milan.

Saat sudah mencair, esnya yang diserut tak begitu halus berubah menjadi kuah kental rasa susu cokelat. Kacang merahnya cukup empuk dan berwarna cokelat gelap, berpadu gurihnya dengan susu cokelat.

Bagaimana dengan punya Garuda Putra? Es kacang merahnya (Rp 8.000) disajikan di mangkuk agak kecil. Yang ini esnya diserut kasar dan polos, dikelilingi air sirup dan susu sehingga pas manisnya. Kuahnya encer. Kacang merahnyapun tak begitu banyak dan berwarna cokelat, namun lumayan empuk.

Detikfood juga mencicipi es kacang merah a la Pempek 161 (Rp 15.000). Berbeda dengan kacang merah di ketiga tempat lain yang berwarna gelap, di sini warna kacang merahnya lebih terang. Es serutnya yang berbentuk setengah bola dibanjur sirup merah dan susu kental manis putih. Di sini es kacang merahnya mirip Milan, namun esnya diserut agak kasar. Kacang merahnya lembut saat dilumat, proporsinya tak berlebihan.

Soal besar porsi es kacang merah tampaknya tergantung harga. Namun, Detikfood paling suka es kacang merah di Milan. Es yang diserut halus membuat kuahnya terasa lembut di mulut. Cocok kalau disantap berdua, karena bisa bikin kenyang kalau dihabiskan sendiri. Kalau Anda, suka yang mana?

Milan, Pusat Jajanan Bangka

Komplek Green Ville blok AW 2 (dekat Glory bakery)

Telepon: 021-56968128, 94294757

Pempek Pak Raden

Jl. Meruya Ilir Raya No. 40

Telepon: 021-58907753

Pempek Garuda Putra

Jl. Garuda No. 57, Kemayoran

Pempek Palembang 161

Ruko Pasar Modern BSD City, Serpong

Telepon: 021-53158532

(fit/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

0 comments:

Post a Comment