Friday, January 4, 2013

Ternyata Warna Gelas Berpengaruh Pada Persepsi Rasa Minuman


Fitria Rahmadianti - detikFood Jakarta - Enak atau tidaknya suatu minuman tentu tergantung dari citarasanya, bukan karena gelas atau faktor lainnya. Namun, sebuah penelitian di Journal of Sensory Studies membuktikan bahwa warna gelas mempengaruhi persepsi kita terhadap rasa minuman tersebut. Benarkah?

Peneliti dari Polytechnic University of Valencia (UPV), Spanyol, dan University of Oxford, Inggris, merekrut 57 orang sukarelawan untuk berpartisipasi dalam riset ini. Mereka diminta mencicipi minuman cokelat panas yang disajikan dalam gelas-gelas plastik berukuran sama.

Bagian dalam gelas ini berwarna putih, namun bagian luarnya terbagi menjadi empat warna, yakni putih, krem, merah, serta oranye. Meski hot chocolate di dalam semua gelas sama, partisipan studi mengatakan bahwa rasanya lebih nikmat jika disajikan di gelas berwarna oranye atau krem.

Selain itu, seperti dilansir situs Science, Space & Robots (03/01/13), para peserta riset menyebutkan bahwa hot chocolate terasa agak lebih manis dan lebih beraroma jika disajikan dalam gelas berwarna krem.

"Warna wadah makan dan minuman dapat meningkatkan atribut seperti rasa dan aroma," tulis Betina Piqueras-Fiszman dari UPV dalam press release yang diterima agensi berita AFP (03/01/13). Ia menambahkan bahwa temuan ini bisa bermanfaat bagi chef dan produsen makanan.

Penelitian terdahulu menemukan bahwa wadah berwarna kuning mendorong persepsi rasa lemon dalam soft drink. Sementara itu, minuman dengan warna 'dingin' seperti biru tampak lebih memuaskan dahaga dibanding warna 'hangat' seperti merah. Minuman dalam wadah berwarna pinkpun dianggap lebih manis rasanya.

Begitupula dengan kopi. Menurut situs Gizmodo (03/01/13), kemasan berwarna cokelat membuat rasanya lebih kuat dan lebih harum, sementara warna merah membuat citarasanya kurang kuat. Kopi yang dibungkus dengan warna kuning atau biru membuatnya tampak lebih lembut.

Selain minuman, dessert strawberry mousse tampak lebih manis dan lebih kuat rasanya jika disajikan dalam piring putih daripada piring hitam.

(fit/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

0 comments:

Post a Comment