Thursday, October 25, 2012

ABC Bagikan Paket Lengkap Kurban Pada Kaum Duafa


Fitria Rahmadianti - detikFood Jakarta - Bagi orang tak mampu, mendapat daging kurban merupakan rezeki yang sangat berharga. Namun, tak jarang mereka bingung mengolahnya karena harga bumbu dapur relatif mahal. Melihat situasi ini, ABC melengkapi paket kurban bagi kaum duafa dengan bumbu masak.

Bertepatan dengan Idul Adha 1433 H pada Jumat (26/10/12), ABC Dapur Peduli akan membagikan lebih dari 1.300 paket kurban. Penyebarannya di 45 titik di Jakarta, Bandung, Semarang, dan Yogyakarta. Jika umumnya pembagian paket kurban hanya berupa daging sapi atau kambing, kali ini ABC melengkapinya dengan bumbu masak dan resep.

Menurut Ari K. Wibowo, Senior Brand Manager PT Heinz ABC Indonesia, penyertaan bumbu masak ini akan sangat berguna bagi orang tak mampu. Pasalnya, berdasarkan pengamatan tim ABC Dapur Peduli, kaum duafa menghadapi masalah setelah menerima daging kurban. Harga bumbu dapur yang mahal membuat mereka bingung memasak daging tersebut. "Banyak yang akhirnya patungan agar biaya bumbu masak dapat ditanggung bersama," ujar Ari.

Apalagi, menjelang hari raya, umumnya harga bumbu dapur naik. Kaum duafa perlu mengeluarkan dana tambahan Rp 5.000-10.000 untuk mengolah 1-1,5 kg daging menjadi hidangan yang layak disantap. Bagi mereka yang berpenghasilan rata-rata Rp 20.000 per hari, jumlah tersebut akan terasa berat. "Hal ini melatarbelakangi ABC Dapur Peduli untuk membuat paket daging kurban dengan bumbu masak. Tujuannya adalah untuk meringankan beban kaum duafa," kata Ari.

Bumbu yang disiapkan sesuai dengan resep yang disusun pakar kuliner Indonesia, Yeni Ismayani. Resep tersebut adalah semur, sate, dan tongseng. "Ketiga resep saya susun sesederhana mungkin agar mudah digunakan para ibu penerima daging kurban," ungkap Yeni.

Daging adalah salah satu bahan makanan yang sulit diolah. Pori-porinya yang rapat dan serat daging yang padat membuat daging tak mudah menyerap bumbu. "Oleh karena itu, jumlah bumbu harus lebih banyak dibanding masakan lain. Proses memasaknya juga lebih lama. Selain itu, teknik memotong daging juga berpengaruh agar bumbu dapat meresap," jelas Yeni.

Yeni mengaku senang dapat berkontribusi dalam kegiatan tersebut. "Dengan bantuan ini, saya percaya saudara-saudara kita akan merasa sangat tertolong," Yeni berkomentar.

Lokasi pembagian paket di 45 tempat merupakan rekomendasi dari Komunitas ABC Dapur Peduli. Dua minggu sebelum Idul Adha, mereka menominasikan daerah yang ingin disumbang. Tim lapangan kemudian memilah lokasi dan mengeceknya sebelum menetapkan titik pembagian paket.

(fit/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

0 comments:

Post a Comment