Wednesday, October 31, 2012

Di Toko Roti Ini Tak Ada Barcode Untuk Melihat Harga


Deani Sekar Hapsari - detikFood Jakarta - Hal yang dihindari oleh pelanggan toko roti adalah antrian yang sangat panjang saat membayar. Kadang juga harus menunggu karena petugas kasir harus mengecek lagi harga barang. Di toko roti di Jepang hal tersebut tak bakal terjadi!

Toko roti ini bernama Dominique Geuline terletak di dekat stasiun Minami-Nagasaki, Tokyo, Jepang. Di toko ini telah memakai sebuah sistem scan yang memudahkan petugas kasir untuk mengidentifikasi harga dengan menganalisa bentuk dan warna setiap produk tanpa barcode.

Pertama, produk-produk yang diletakkan di atas nampan sedikit dipisah-pisahkan supaya lebih mudah diidentifikasi. Lalu, kamera yang terletak di samping atas meja kasir akan mulai melacak atau melakukan scanning. Nama dan harga masing-masing produk akan langsung terlihat.

Alat ini adalah hasil karya dari Brain Corporation dan memang dibuat untuk memudahkan para staf dan pelanggan. Dilansir dalam foodbeast (31/10/2012), Kazuyoshi Tajika selaku Development Manager Brain Corporation mengatakan Para staf yang kerja paruh waktu tidak ingat semua nama produk. Dengan sistem ini nama produk akan tampil di layar dan para staf bekerja lebih efektif.

Kecuali itu produk ini juga memberitahukan kepada petugas kasir beberapa bentuk produk yang masih diragukan dengan garis kuning. Karena walaupun produk sama, bentuk bisa sedikit berbeda. Pelayan harus memilih beberapa gambar produk yang mendekati, setelah dikonfirmasi garis akan berubah menjadi hijau.

Setelah itu, alat canggih ini akan belajar untuk mengidentikasi bentuk roti yang semula masih diragukan. Di waktu mendatang, alat ini bisa dipakai untuk mengidentifikasi berbagai macam produk seperti sayur-sayuran dan obat-obatan.

(dyh/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

0 comments:

Post a Comment