Monday, October 15, 2012

Glitter Cantik di Atas Kue Belum Tentu Aman Dimakan


Deani Sekar Hapsari - detikFood Jakarta - Kue atau cupcake sering dihiasi dengan glitter atau dekorasi lainnya supaya lebih cantik dan mewah. Ternyata sebuah penelitian yang menguji beberapa glitter yang dianggap aman untuk dimakan ternyata mengandung bahan yang tidak layak dimakan.

Seperti dilaporkan daily mail (15/10/2012), glitter yang merupakan serbuk berkilau yang biasanya dipakai sebagai hiasan kue bisa saja mengandung plastik bubuk atau tembaga bubuk. Studi ini dilakukan di tengah kekhawatiran yang berkembang dari Food Standard Agency tentang bahan yang digunakan untuk dekorasi makanan.

Petugas kesehatan masyarakat West Yorkshire menemukan banyak glitter dekorasi kue mengandung plastik polyester yang seharusnya digunakan untuk membuat botol minuman. Jika dilihat dari mikroskop, glitter dari bahan plastik berbentuk segi enam kecil dengan ujung yang bergerigi. Sedangkan glitter untuk dekorasi kue yang asli hanya terlihat seperti bubuk halus biasa.

Analis publik, Christ Hunt yang melakukan tes tersebut mengatakan: Banyak dari produk glitter ditemukan mengandung plastik yang mungkin akan lebih cocok untuk mendekorasi kartu atau ornamen, tetapi tidak layak untuk dikosumsi.

Walaupun glitter plastik mempunyai label tidak mengandung racun, tetapi hal ini tidak berarti produk tersebut bisa dimakan. Produk plastik tersebut hanya aman untuk digunakan sebagai bahan pembuat botol minuman, mangkuk, atau sendok.

Christ juga menegaskan bahwa masih belum ada penelitian yang meneliti efek kesehatan dari mengonsumsi glitter berbahan plastik.Graham Hebblethwaite selaku Chief Officer standar perdagangan West Yorkshire mengatakan, Hanya glitter atau serbuk yang mempunyai label bisa dikonsumsi yang diletakkan di bagian makanan. Siapapun yang membuat cupcake untuk dijual seharusnya memeriksa teliti yang mereka beli sebagai bahan.

Ia pun menambahkan untuk konsumen yang membeli cupcake atau kue dengan dekorasi glitter harusnya menanyakan pembuat kue apakah bahan glitter yang dipakai aman dimakan.

(flo/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

0 comments:

Post a Comment