Friday, October 12, 2012

Bougatsa, Pastry Renyah Berisi Custard Lembut


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Jika Prancis punya palmier, Turki punya baklava, Yunani punya bougatsa. Pastry enak ini bagian luarnya renyah ringan, dengan isian custard yang lembut manis. Ada harum aroma kayumanis yang begitu menggelitik hidung!

Bougatsa dibuat dari adonan phyllo, yaitu adonan pastry yang tipis seperti kertas. Untuk isiannya, terdiri dari bahan susu, tepung semolina, telur, dan ekstrak vanili. Agar adonan custard lebih wangi, ditambahkan irisan kulit jeruk lemon.

Bougatsa biasa dibuat dengan ukuran lumayan besar, dan baru dipotong-potong saat akan disajikan. Warnanya cokelat keemasan dengan titik-titik putih gula halus di atasnya. Isian custard di tengah terasa lembut manis dan mulus mengelus lidah, dengan permukaan luar yang renyah enak.

Untuk membuat custard ini, susu dan kulit lemon dimasak di atas api, lalu ditambahkan tepung semolina. Pada wadah terpisah, telur dicampur vanili, dan gula pasir hingga tercampur. Kemudian masukkan adonan telur dicampur dengan adonan susu dan dimasak hingga menyatu dan kental.

Untuk kulitnya, bisa menggunakan phyllo siap pakai yang banyak dijual agar lebih praktis. Letakkan sekitar 8 lembar phyllo pada wadah datar, kemudian taruh isian di tengahnya, lalu ditutup dan diberi olesan mentega di atasnya. Setelah itu, bougatsa dipanggang hingga berwarna cokelat keemasan.

Bougatsa paling cocok disajikan hangat-hangat. Di atasnya ditaburi gula bubuk dan kayu manis bubuk hingga aromanya semerbak harum. Bougatsa populer di Thessaloniki, Yunani dan biasa dinikmati saat makan pagi.

(flo/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

0 comments:

Post a Comment