Saturday, October 6, 2012

Impress, Kulkas Tanpa Pintu yang Hemat Listrik


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Kulkas tanpa pintu? Karena terbiasa dengan kulkas konvensional, hal ini tentu dianggap tak masuk akal. Namun seorang mahasiswa asal New Zealand berhasil membuat inovasi kulkas tanpa pintu. Temuan canggih ini bisa membuat penggunaan listrik jadi lebih efisien!

Ben de la Roche, mahasiswa jurusan desain industri ini berhasil membuat kulkas canggih bernama Impress. Ia berhasil membuat kulkas tanpa pintu yang bisa mengurangi jumlah makanan yang dibuang dan juga menghemat penggunaan listrik.

Biasanya, ruang kulkas berukuran luas dan bisa memuat beragam isi, dengan pintu besar di depannya. Sedikit atau banyak isi kulkas, jumlah listrik yang digunakan akan sama. Nah, kulkas buatan mahasiswa Massey University ini menampilkan sesuatu yang lebih ekonomis dan efisien.

Seperti dimuat dalam yankodesign.com dan inhabitat.com, kulkasnya terdiri atas rangkaian sekat segi enam yang bisa dilepas dan dipasang kembali. Sekat tersebut tinggal dilepaskan dan dibuka seukuran dengan makanan atau minuman yang ingin didinginkan. Misalnya ingin mendinginkan makanan dalam wadah seukuran 2 sekat. Sekat tersebut tinggal dilepaskan, dan wadah tersebut diletakkan di sana.

Nantinya, hanya sekat yang terbuka yang akan terasa dingin. Karenanya, hanya makanan atau minuman yang diletakkan di situ yang akan merasakan hawa dingin. Jadi lebih efisien karena hanya mendinginkan makanan yang diletakkan dalam slot-slotnya, bukan mendinginkan seisi kulkas seperti kulkas umumnya.

Temuan Impress ini berhasil membawa Roche menjadi salah satu finalis 2012 Electrolux Design Lab Competition. Rochepun akan terbang ke Milan dan membawa produk ini ke hadapan para juri di tanggal 25 Oktober mendatang.

(fit/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

0 comments:

Post a Comment