Friday, October 12, 2012

Kumur Minuman Manis Bisa Picu Semangat Kerja


Deani Sekar Hapsari - detikFood Jakarta - Meningkatkan semangat kerja bisa beragam caranya. Dari menata meja kantor hingga memutar musik yang sesuai. Namun, sebuah studi baru justru menyebutkan cukup dengan merasakan minuman manis sudah bisa memicu semangat kerja. Wah!

Mungkin terdengar tidak biasa, tetapi ternyata sebuah studi membuktikan kebenarannya. Dilansir oleh The Daily Meal (11/10/2012), para peneliti di Universitas Curtin, Australia, menyebutkan bahwa pengendalian diri bergantung pada metabolisme glukosa. Hal ini berarti kendali diri bergantung pada pasokan glukosa ke otak. Cukup berkumur dengan minuman manis bisa memanipulasi otak untuk termotivasi.

Para peneliti menguji teori mereka dengan 'berkumur dengan glukosa' berupa minuman yang dibuat dari pemanis buatan. Setelah para peserta menyelesaikan tugas-tugasnya mereka diminta berkumur dengan minuman manis yang tersedia.

Para peneliti menemukan bahwa peserta yang berkumur minuman manis bekerja lebih baik pada tugas yang diberikan. Yang terpenting, orang tidak perlu menelan minuman manis, karena gula sendiri cukup untuk memanipulasi otak supaya lebih termotivasi.

Martin Hagger sebagai salah satu peneliti, menjelaskan pada Science and Religion Today (11/10/2012), Meminum glukosa dapat mengisi kembali dan meningkatkan kontrol diri. Namun, hanya dengan merasakan glukosa bisa berefek yang sama. Efeknya lebih bersifat persepsi daripada metabolisme."

Hal ini bukan berarti semakin banyak soda yang diminum, pengendalian diri akan lebih baik. Orang yang minum minuman manis ironisnya justru rendah kontrol dirinya, terutama terhadap godaan makanan manis,' demikian tegas Hagger.

(fit/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

0 comments:

Post a Comment